Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi
Vol 2, No 4 (2021): Volume 2 No. 4 Desember 2021

Sistem Penilaian Kepuasan Pelanggan Menggunakan Customer Satisfaction Index Pada Penjualan Parfume (Studi Kasus: Parfume Corner BDL)

hendri eka pratama (Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Teknokrat Indonesia)
Heni Sulistiani (Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Teknokrat Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2022

Abstract

AbstrakKepuasan pelanggan merupakan suatu ukuran keberhasilan untuk semua pengembangan dan implementasi sistem informasi pada suatu perusahaan. Perusahan yang menerapkan sistem kepuasan pelanggan dapat menjadi kunci dalam menciptakan loyalitas pelanggan. Parfume Corner merupakan toko parfume yang ada diwilayah Bandar Lampung terkait dengan jumlah pelanggan yang melakukan transakasi pemesanan parfume mengalami penurunan dikarenakan banyak toko parfume baru dan dipengaruhi dengan masa pandemic Covid-19. Parfume Corner juga memperoleh dampak berupa menurunnya jumlah pelanggan atau laba Parfume Corner sekitar 20%. Untuk mengetahui masalah layanan dan bagaimana upaya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan diperlukan analisis kepuasan pelanggan. Namun Parfume Corner belum memiliki sumber daya yang mampu menganalisis kepuasan pelanggan terhadap produk dan pelayanan yang diberikan sehingga Parfume Corner kesulitan untuk mengetahui faktor-faktor kualitas pelayanan yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode prototype dan akan diimplementasikan menggunakan bahasa pemograman PHP dan MySQL sebagai database. Sistem ini akan diuji menggunakan ISO 25010. Tujuan penelitian ini adalah membangun sistem untuk penilaian kepuasan pelanggan pada Parfume Corner dapat dilakukan dengan beberapa cara diantaranya dengan mengunakan customer satisfaction index (CSI). hasil pengujian ISO 25010 yang telah dilakukan dengan melibatkan 7 Responden bahwa kesimpulan kualitas kelayakan perangkat lunak yang dihasilkan memiliki persentase keberhasilan dengan total rata-rata 92.61%.Kata Kunci: Customer Satisfaction Index (CSI), Prototype, ISO 25010

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sisteminformasi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Environmental Science Social Sciences

Description

Data and Information Management Conceptual Data Model Data and Database Administration Database Management Systems Database Systems File Organizations Techniques Information Management Concepts Logical Data Model Physical Data Model Security Database Physical Data Storage Concepts Query Languages ...