JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT CAHAYA MANDALIKA (ABDIMANDALIKA)
Vol. 2 No. 2 (Desemb (2021)

PENDAMPINGAN PELATIH SEKOLAH SEPAK BOLA SATRIA MUDA LOMBOK TIMUR

Arif Yanuar Musrifin, Herman Syah, Andi Anshari Bausad, Noor Akhmad, dan Nurdin (Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Masyarakat UNDIKMA)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2021

Abstract

SSB Satria Muda sampai saat ini masih bergantung pada pemilik dalam biaya operasionalnya sehingga sangat memberatkan pemilik SSB tersebut. Operasional latihan dan pembiayaan-pembiayaan yang lain tentunya membutuhkan biaya yang cukup besar sehingga dibutuhkan tata kelola management yang baik, dan kualitas pelatih dalam membuat program latihan. Pelaksanaan PKM bekerja sama dengan sekolah sepak bola (SSB) Satria Muda di Kabupaten Lombok Timur Tujuan PKM ini adalah untuk membantu mitra mengatasi permasalahan yang ada. Adapun permasalahan mitra dalam kegiatan PKM adalah : (1) Pengelolaan management SSB, (2) Pelatih SSB melatih tidak berdasar dari program latihan yang disusun, kalaupun sudah dibuat program latihan, program latihan yang di buat belum mengikuti kaedah dasar-dasar penyusunan program latihan yang baik dan benar. Berdasarkan permasalahan kedua mitra maka solusi yang ditawarkan adalah pendampingan pelatih. Adapun solusi yang ditawarkan : (1) Memberikan layanan pengelolaan manajemen (2) melakukan coaching clinic (3) Memberikan penyuluhan pendampingan pelatih SSB dengan materi penyusunan program latihan, tes dan pengukuran. Kesimpulan pengabdian pada masyarakat (1). Pengelolaan Management di SSB Satria Muda Lombok Timur (a) Manajemen perencanaan di SSB Satria Muda Lombok Timur sudah berjalan dengan cukup baik sesuai dengan fungsinya (b) Manajemen pengorganisasian di SSB Satria Muda Lombok Timur berjalan tidak baik dan belum sesuai dengan fungsinya (c) Manajemen penggerakan di SSB Satria Muda Lombok Timur sudah baik dan sesuai dengan fungsinya (d) Manajemen pengendalian di SSB Satria Muda Lombok Timur sudah baik dan sesuai dengan fungsinya (e) Manajemen penyusunan personalia di SSB Satria Muda Lombok Timur sudah menyusun dan menempatkan anggotanya sesuai dengan tugas dan kemampuan masing-masing. (f) Sistem pembinaan pada di SSB Satria Muda Lombok Timur sebagai dasar pembibitan pemain, yang di proyeksikan di tim PERSLOTIM, belum berjalan dengan baik. (2) Pelatih mampu penyusunan program latihan, analisis penyusunan program latihan yang dilakukan oleh peneliti terhadap program latihan yang telah di susun oleh pelatih di dapatkan skore 54 dari 100 point maksimal dari 20 item soal, apabila di prosentasikan mendapatkan angka 54 %, dimana masuk dalam pengkategorian “CUKUP”. Luaran wajib PKM Publikasi jurnal ber ISSN.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

abdimandalika

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal ini memuat khusus tentang Pengabdian kepada Masyarakat baik yang bersekala internasional, nasional, regional, dan lokal. Terbit dua kali setahun yaitu bulan Juni dan ...