Jurnal Jendela Pendidikan
Vol. 2 No. 01 (2022): Jurnal Jendela Pendidikan: Edisi Februari 2022

Pengaruh Penggunaan Media Flipchart Terhadap Hasil Belajar Menulis Surat Resmi Siswa Kelas V di Sekolah Dasar

Linaria Arofatul Ilmi Uswatun Khasanah (Universitas Muhammadiyah Lamongan)
AF. Suryaning Ati MZ (Universitas Muhammadiyah Lamongan)
Rizka Novi Irmaningrum (Universitas Muhammadiyah Lamongan)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flipchart terhadap hasil belajar menulis surat dinas siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Babat Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes prestasi berupa pilihan ganda dan uraian. Untuk menguji hipotesis ini digunakan rumus statistik uji-t sampel. Penelitian dilakukan terhadap sampel siswa kelas V yang berjumlah 25 orang. Kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif terhadap hasil belajar menulis media flipchart kelas V SD Muhammadiyah 1 Babat Lamongan. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan bahwa lebih besar dari atau 8,69 > 2,064 pada taraf signifikansi 5%, maka ditolak dan diterima.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JJP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Jendela Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh CV. Jendela Edukasi Indonesia dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang pendidikan. Jurnal Jendela Pendidikan terbit 4 kali dalam satu tahun yaitu bulan Februari, Mei, Agustus, November. Kami ...