Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peran guru dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan pada anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian bersifat deskriptif kualitatif Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan peran guru dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan pada anak, yaitu: a) metode keteladanan, guru selalu memberikan keteladanan memulai dari diri sendiri, b) metode pembiasaan dengan membiasakan menjaga jarak, mencuci tangan setelah melakukan kegiatan, memakai masker, kegiatan baris-berbaris di lapangan sekolah pada pagi hari, dan menjawab salam, c) metode didaktif (cerita) yaitu menceritakan kisah-kisah tentang Nabi atau dongeng, d) metode pemberian nasehat, guru selalu menasehati anak dengan menggunakan kata-kata yang lemah lembut dan memberikan arahan-arahan yang baik kepada anak, e) metode berdialog dengan membentuk komunikasi dengan anak, dan guru menggunakan metode demonstrasi dengan menggunakan media gambar, f) metode pemberian hukuman yakni guru harus mempunyai ketegasan, namun tegas bukan berarti berlaku kasar, tetapi tegas dalam membuat anak sadar atau jera terhadap pelanggaran yang ia lakukan.
Copyrights © 2021