AL-MAKTABAH
Vol 20, No 1 (2021): Al Maktabah

Peran Knowledge Management di Perpustakaan Dalam Meningkatkan Good Governance Pada Organisasi

Lolytasari Lolytasari (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)
Fahma Rianti (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2022

Abstract

Dalam menciptakan tata kelola, atau good governance, pemerintah perlu melakukan reformasi birokrasi di semua lini dan aspek pada institusi. Agar reformasi birokrasi dapat berjalan dengan baik, salah satu yang perlu dilakukan adalah merubah pola pikir (mind set) dan budaya kerja (culture set) dari aparatur pemerintah. Untuk itu perlu dilakukan berbagai program KM di insitusi tersebut. Program-program tersebut dapat diinisiasi oleh perpustakaan di lingkungan institusi pemerintah. Hal ini menjadi salah satu peran besar perpustakaan sebagai salah satu pendukung utama tercapainya visi dan cita-cita institusi yang menaunginya.Peran perpustakaan dalam proses KM adalah pada tahap pengadaan, penyimpanan dan penyebaran pengetahuan. Beberapa contoh program KM yang dapat dilaksanakan perpustakaan untuk merubah mind set dan culture set aparatur pemerintah adalah Survei, FGD, Sosialisasi, pelatihan, knowledge sharing, sistem reward serta evaluasi. Program ini diharapkan dapat membantu proses reformasi birokrasi di instansi pemerintah, yang kemudian akan meningkatkan performa layanan publik di Indonesia.

Copyrights © 2021