Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya
Vol 13, No 1 (2022)

Model pembelajaran predict observe explain dalam edmodo untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika di SMP: Analisis stacking

Ariati Dina Puspitasari (Universitas Ahmad Dahlan)
Moh. Irma Sukarelawan (Universitas Ahmad Dahlan)
Evda Noptha Damayanti (Universitas Ahmad Dahlan)
Annisa Syifa (Universitas Ahmad Dahlan)
Fajar Fitri (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa melalui penerapan pembelajaran Predict Observe Explain dalam Edmodo. Peneltian ini termasuk dalam jenis penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan desain one group pretest-posttest. Responden yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 10 orang siswa yang berasal dari kelas VII di salah satu sekolah menengah pertama swasta di Yogyakarta. Pemahaman konsep dievaluasi menggunakan 10 soal tes pilihan ganda pada materi Energi. Peningkatan pemahaman konsep siswa dianalisis menggunakan teknik Stacking dan divisualisasikan menggunakan Wright map. Analisis Stacking dan Wright map dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak Winsteps 4.6.1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan rata-rata pemahaman konseptual secara klasikal sebesar 0,76 logit. Sebanyak 73% siswa mengalami peningkatan pemahaman konsep pada materi Energi. Peningkatan pemahaman tertinggi sebesar 2,07 logit. Hal ini mengindikasikan bahwa implementasi model Predict Observe Explain dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa pada materi Energi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BFI

Publisher

Subject

Astronomy Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Materials Science & Nanotechnology Physics

Description

The Journal invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The coverage of the journal includes but not limited to: Physics Physics Education Computational Physics Experimental Physics Theoretical Physics Astronomy Electronics Instrumentation Sensor ...