Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 37, No 2 (2020): October 2020

Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Mahasiswa Fakultas Teknik

Kusumaningrum, Maharani (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2020

Abstract

AbstrakPada dasarnya mahasiswa sangat membutuhkan adanya program praktik kerja lapangan baik di industri besar / kecil, instansi, perusahaan. Adanya program Praktik Kerja Lapangan bertujuan agar mahasiswa mempunyai pengalaman dan pandangan tentang situasi dan kondisi nyata di dunia kerja serta berbagai permasalahan yang dapat terjadi dalam dunia kerja. Tujuan dari penelitian ini agar mendapatkan gambaran tentang faktor - faktor yang mempengaruhi keberhasilan praktik kerja lapangan mahasiswa Fakultas Teknik. Penelitian ini menggunakan model penelitian survei dan studi literature. Survei dilakukan terhadap mahasiswa angkatan 2016 dan 2017 sebanyak 305 mahasiswa yang telah mengikuti praktik kerja lapangan dari 14 macam prodi pada fakultas teknik. Hasil survei menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa dalam pemilihan lokasi praktik kerja lapangan mempertimbangkan kesesuaian penempatan lokasi atau tempat praktik kerja lapangan dengan bidang ilmunya masing-masing. Sebagian besar dosen pembimbing telah melakukan perannya dalam membantu memberikan arahan kepada mahasiswa dengan baik sehingga kemampuan mahasiswa dapat meningkat. Dan pelayanan administrasi yang dilakukan kepada mahasiswa sudah sesuai dengan sasarannya dalam membatu syarat mahasiswa untuk memenuhi persyaratan - persyaratan administrasi yang diperlukan. Sebagian besar mahasiswa yang mempunyai kemampuan hard skill dan soft skill yang semakin meningkat setelah pelaksanaan praktik kerja. Hal ini menunjukkan bahwa adanya kesiapan kerja bagi mahasiswa untuk kedepannya dapat terjun langsung kedalam dunia kerja. Kata kunci: dosen pembimbing, mahasiswa fakultas teknik, praktik kerja lapangan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Education

Description

This journal publishes original articles on the latest issues and trends occurring internationally in education curriculum, instruction, learning, policy, and preparation of teachers with the aim to advance our knowledge of education theory and practice. Moreover, this journal also covers the issues ...