Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode pembelajaran menggunakan metode audiolingual dalam meningkatkan maharah al-kalam bahasa Arab pada materi hiwar siswa kelas XI IPS SMAN 1 Ciracap, Sukabumi. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode kuasi eksperimen (quasi eksperiment). Desain dalam penelitian ini menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini menggunakan sampel berjumlah 60 siswa yaitu kelas XI IPS 1 menjadi kelas kontrol dan XI IPS 2 menjadi kelas eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata pretest dan posttest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, kelas pretest kontrol memiliki rata-rata nilai 34,90 dan kelas posttest kontrol memiliki rata-rata nilai 43,90. Sedangkan hasil pretest pada kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai 37,07 dan kelas posttest eksperimen memiliki rata-rata nilai 73,59. Dengan dilakukannya perhitungan menggunakan uji t (One Sample Test), di kelas eksperimen diketahui nilai Sign. diperoleh sig 0,437, sehingga 0,437 < 0,05, dengan ini Ho ditolak dan Ha diterima, maka kesimpulan dari penelitian ini ada peningkatan dalam maharah al-kalam bahasa Arab siswa dengan menerapkan metode audiolingual pada kelas XI SMAN 1 Ciracap, Sukabumi.
Copyrights © 2022