Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Vol. 3 No. 1 (2022): Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

Efektivitas Metode Audiolingual Dalam Peningkatan Maharah Al-Kalam Bahasa Arab

Repi Mei Suryani (Universitas Djuanda)
Fachrur Razi Amir (Universitas Djuanda)
Lilis Fauziah Balgis (Universitas Djuanda)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode pembelajaran menggunakan metode audiolingual dalam meningkatkan maharah al-kalam bahasa Arab pada materi hiwar siswa kelas XI IPS SMAN 1 Ciracap, Sukabumi. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode kuasi eksperimen (quasi eksperiment). Desain dalam penelitian ini menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini menggunakan sampel berjumlah 60 siswa yaitu kelas XI IPS 1 menjadi kelas kontrol dan XI IPS 2 menjadi kelas eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata pretest dan posttest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, kelas pretest kontrol memiliki rata-rata nilai 34,90 dan kelas posttest kontrol memiliki rata-rata nilai 43,90. Sedangkan hasil pretest pada kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai 37,07 dan kelas posttest eksperimen memiliki rata-rata nilai 73,59. Dengan dilakukannya perhitungan menggunakan uji t (One Sample Test), di kelas eksperimen diketahui nilai Sign. diperoleh sig 0,437, sehingga 0,437 < 0,05, dengan ini Ho ditolak dan Ha diterima, maka kesimpulan dari penelitian ini ada peningkatan dalam maharah al-kalam bahasa Arab siswa dengan menerapkan metode audiolingual pada kelas XI SMAN 1 Ciracap, Sukabumi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tatsqifiy

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Tatsqify: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab is a peer-reviewed journal on Arabic education. This journal is published by Djuanda University Bogor. Editors welcome scholars, researchers and practitioners of Arabic Education around the world to submit scholarly articles to be published through this ...