Jurnal Ekonomi
Vol. 24 No. 2 (2019): July 2019

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Online

Lusiah (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IBBI, Medan)
Djatmiko Novianto (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IBBI, Medan)
Adhitya Akbar (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IBBI, Medan)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan jasa transportasi onlineterhadap loyalitas pelanggan secara langsung dan tidak langsung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah mahasiswa di Kota Medan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Non-Probability Accidental Sampling dengan kriteria responden adalah mahasiswa Kota Medan dan responden yang pernah menggunakan layanan transportasi online setidaknya paling sedikit dua kali. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 120 responden. Data dikumpulkan dan kemudian dianalisis menggunakan analisis jalur dengan tingkat signifikansi 5% menggunakan software Lisrel versi 8.8. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif langsung terhadap kepuasan pelanggan jasa transportasi online, selain itu kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan juga  memiliki efek positif langsung pada loyalitas pelanggan jasa transportasi online. Sedangkan kepuasan pelanggan tidak dapat memediasi hubungan antara kualitas pelayanan dengan loyalitas pelanggan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

EJE

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi [p-ISSN 0854-9842 : e-ISSN 2580-4901] is a peer-reviewed journal published three times a year (March, July, and November) by Faculty of Economics, Universitas Tarumanagara. Jurnal Ekonomi is intended to be the journal for publishing articles reporting the results of research on ...