Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol. 1 No. 1 (2022): Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan

PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS

Arum Fatayan (Univeritas Muhammadiyah PROF.DR.HAMKA)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2022

Abstract

literasi siswa dengan menggunakan metode Mind Mapping pada siswa kelas V SDN Pekayon 09 pada semester 2 tahun ajaran 2020-2021. Penelitian ini menggunnakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan tipe posttest- only, non equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik samping jenuh. Sampel diteliti sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Instrumen penelitian tes indibidual sebanyak 10 soal essay. Dari hasil pengujian normalitas, dengan mengunakan uji Lilleforsi untuk kelas eksperimen, diperoleh Lo < Ltabel yaitu 0,1516 < 0,161, dan untuk kelas kontrol, diperoleh Lo < Ltabel yaitu 0,0668 < 0,161. Maka dapat disimpulkan kedua data tersebut berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas dengan uji Fisher diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,84 < 1,85. Maka dapat disimpulkan bahwa kedua data tersebut homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 86,73 dan rata-rata kelas kontrol 62,27 diperoleh thitung 7,258. Dengan dk = 58 pada taraf sig ???? = 0,05 ttabel sebesar 2,002. Karena thitung > ttabel yaitu 7,258 > 2,002, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educenter

Publisher

Subject

Education

Description

Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, mencakup bidang penelitian pendidikan dalam proses belajar mengajar, pengembangan kurikulum, lingkungan belajar, pendidikan guru, teknologi pendidikan, dan pengembangan ...