Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender
Vol 20, No 2 (2021): Marwah

DUKUNGAN AYAH DAN IBU DALAM PEMBELAJARAN ONLINE. SIAPA YANG LEBIH BERPERAN?

Raja Rahima Munarawah Raja Ahmad (UIN Sulthan Syarif Kasim Riau)
Riswani Riswani (UIN Sultan Syarif Kasim Riau)
Hasgimianti Hasgimianti (UIN Sultan Syarif Kasim Riau)
Fitra Herlinda (UIN Sulthan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat peran ayah dan ibu dalam melakukan pendampingan serta menggambarkan kendala dirasakan. Penelitian ini menggunakan pendekan mix method yaitu kuantitatif dengan survei dan kualitatif dengan cara melakukan wawancara pada orang tua siswa. Penelitian ini dilakukan di MTs Yayasan Darel Fadhilah dengan jumlah responden sebanyak 52 orang tua wali siswa. Ayah dan ibu sama-sama berperan sebagai support sistem bagi anak-anak mereka dalam 4 indikator yaitu Emotional or esteem support, Tangible or instrumental support, Informational support, Companionship support.  Perbedaannya terletak pada peran ayah lebih unggul dalam Informational support dan ibu lebih unggul dalam Companionship support. Kendala yang dirasakan orang tua dalam memberikan dukungan: kesibukan karena bekerja mencari nafkah, anggapan bahwa anak bisa belajar sendiri, keterbatasan dalam pemenuhan kuota internet, dan keterbatasan dalam memahami materi ajar anak yang diberikan oleh guru di sekolah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

marwah

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender (Online ISSN 2407-1587 | Print ISSN 1412-6095) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Pusat Studi Gender dan Anak pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal ini sudah terbit sejak tahun ...