Al-Ibda: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol. 2 No. 1 (2022): Vol. 02 No. 01 Tahun 2022

PENGEMBANGAN BUDAYA MEMBACA ANAK MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK: Indonesia

Ulfa Umurohmi (STIT PRINGSEWU)
Muhtarom (STIT PRINGSEWU)
Eri Purwanti (STIT PRINGSEWU)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2022

Abstract

Latar belakang penulisan jurnal ini karena peneliti melihat budaya membaca di negeri kita masih rendah, sehingga perlu dimotivasi dengan tulisan-tulisan yang berupaya meningkatkan budaya membaca. Budaya membaca dapat dimulai dari lingkup keluarga, sekolah, masyarakat dan pemerintah yang mendukung, sarana pra sarana kepustakaan yang mendukung, bahkan metode, strategi dan media pembelajaran di sekolah yang beragam. Tujuan tulisan ini adalah pengembangan budaya membaca melalui media pembelajaran Pop Up Book. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi pustaka atau library research. Berpusat pada memanfaatkan model, metode,strategi dan media pembelajaran peneliti menelaah Pop Pup Book. Media Pop Pup Book dapat meningkatkan minat baca anak yang bertujuan untuk membiasakan anak membaca dan tercipta budaya membaca. Dalam penerapan Pop Up Book mempermudah pemahaman siswa, menarik perhatian siswa, dapat memvisualisasikan fakta-fakta, memperjelas sajian materi, memperkuat pesan yang disampaikan. Media Pop Up Book ini selain dapat digunakan ketika pembelajaran di kelas, media Pop Up Book ini juga bisa digunakan dalam pembelajaran secara mandiri karena media Pop Up Book ini di kemas secara praktis yang bisa di bawa kemana-mana. Kata Kunci : Budaya Membaca, Media

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alibda

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

AL-IBDA’ merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran dasar yang dikelola oleh Program Studi PGMI STIT Pringsewu. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Maret dan September. Jurnal AL-IBDA’ menjadi sarana bagi peneliti, akademisi, dan praktisi yang tertarik dengan kajian ...