Nursing Information Journal
Vol 1 No 2 (2022): Nursing Information Journal

Gambaran Peran Tokoh Masyarakat Terkait Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19

Lilis Sulistiya Nengrum (Program Studi S1 Ilmu Keperawatan, Fakultas Keperawatan dan Kebidanan, ITKM Widya Cipta Husada, Malang)
Sena Wahyu Purwanza (Program Studi Profesi Ners, Fakultas Keperawatan dan Kebidanan, ITKM Widya Cipta Husada, Malang)
Anitatul Fijriah (Program Studi Profesi Ners, Fakultas Keperawatan dan Kebidanan, ITKM Widya Cipta Husada, Malang)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2022

Abstract

Pendahuluan: COVID-19 merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2). COVID-19 dapat menyebabkan gangguan sistem pernafasan, mulai dari gejala yang ringan seperti flu, hingga infeksi paru-paru seperti pneumonia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran peran tokoh masyarakat terkait upaya pencegahan penyebaran covid-19 di Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Metode: Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuatitatif dengan teknik sampling yang digunakan total sampling. Besaran sampel sebanyak 84 responden. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan peran tokoh masyarakat kurang baik (59.6%) dan perilaku baik (79.8%). Kesimpulan: Kesimpulan dari penelitian ini bahwa peran tokoh masyarakat dalam pencegahan Covid-19 masih kurang baik akan tetapi perilakunya sudah baik dalam mencegah penyebaran Covid-19. Saran untuk penelitian selanjutnya dapat meneliti terkait stigma pada penyintas Covid-19.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

NIJ

Publisher

Subject

Nursing

Description

NIJ is a nursing journal which publishes scientific works for nurse practitioners and researchers. NIJ welcomes and invites original and relevant research articles in nursing as well as literature study and case report particularly in ...