Nursing Information Journal
Vol 1 No 2 (2022): Nursing Information Journal

Faktor Penyebab Kekambuhan Rheumatoid Arthritis pada Lansia (55 – 85 Tahun)

Sena Wahyu Purwanza (Program Studi Profesi Ners, Fakultas Keperawatan dan Kebidanan, ITKM Widya Cipta Husada, Malang)
Aulia Wahyuning Diah (Program Studi Profesi Ners, Fakultas Keperawatan dan Kebidanan, ITKM Widya Cipta Husada, Malang)
Lilis Sulistiya Nengrum (Program Studi S1 Ilmu Keperawatan, Fakultas Keperawatan dan Kebidanan, ITKM Widya Cipta Husada, Malang)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2022

Abstract

Pendahulua: Rheumatoid arthritis merupakan suatu proses peradangan pada sendi yang paling banyak terjadi pada lansia yang disebabkan oleh proses autoimun dan sering mengalami kekambuhan. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor resiko penyebab kekambuhan Rheumatoid arthritis pada lansia yang berusia 55 – 85 tahun. Metode: Desain Penelitian ini menggunakan descriptive kuantitatif. Responden penelitian ini diambil menggunakan tkhnik purposive sampling dengan kriteria lansia yang menderita Rheumatoid arthtritis sebanyak 70 responden. Variabel diteliti dengan menggunakan instrument kuesioner yang peneliti kembangkan sendiri dan selanjutnya dilakukan uji validitas dan reliable. Hasil: Hasil uji validitas didapatkan nilai r hitung>0,632 dan nilai reliable kuesioner menggunakan Cronbach’s alpha dengan nilai 0.929 pada faktor pekerjaan, 0.932 pada faktor makanan dan 0.823 pada faktor gaya hidup. Hasil penelitian di dapatkan bahwa faktor resiko penyebab kekambuhan Rheumatoid arthritis pada lansia adalah faktor tertinggi adalah aktivitas sebanyak 27 responden (38.5%). Kesimpulan: Kesimpulan dari penelitian ini adalah faktor resiko penyebab kekambuhan Rheumatoid arthritis pada Lansia yaitu faktor aktivitas, faktor gaya hidup dan faktor diit. Sehingga, faktor yang paling dominan berpengaruh adalah faktor aktivitas dikarenakan banyaknya responden yang mengatakan terjadi sering terjadi kekambuhan ketika melakukan aktivitas atau pekerjaan berat. Saran untuk penelitian selanjutnya dapat dikaji lebih dalam faktor-faktor lain yang dapat memperberat kekambuhan dari Rheumatoid arthtritis, dan untuk responden untuk dapat mengurangi aktivitas yang berlebih agar tidak mengalami kekambuhan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

NIJ

Publisher

Subject

Nursing

Description

NIJ is a nursing journal which publishes scientific works for nurse practitioners and researchers. NIJ welcomes and invites original and relevant research articles in nursing as well as literature study and case report particularly in ...