Riset ini bertujuan menciptakan materi geometri ruang problem based learning terintegrasi nilai-nilai islam yang valid dan praktis untuk siswa Sekolah Menengah Atas dan mengenali dampak potensial dari penggunaan materi yang sudah dikembangkan terhadap hasil belajar siswa. Tata cara riset yang digunakan merupakan riset pengembangan (development research). Pengembangan ini dicoba menjajaki 2 sesi utama development reseach ialah sesi preliminary (sesi persiapan) dan sesi formative evaluation. Bersumber pada hasil analisis produk, diperoleh materi problem based learning yang valid serta instan. Valid nampak dari hasil evaluasi dari pakar (validator), bersumber pada content (modul cocok dengan kompetensi inti serta kompetensi bawah), konstruk (sesuai ciri problem based learning), serta bahasa telah sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang baku. Praktis nampak dari hasil uji coba small group, siswa bisa menuntaskan materi geometri ruang yang diberikan. Bersumber pada analisis informasi hasil belajar siswa diperoleh rata-rata nilai 77,63 yang berarti hasil belajar siswa terkategori baik dalam pendidikan matematika dengan memakai materi geometri ruang problem based learning terintegrasi nilai-nilai Islam, hingga disimpulkan materi geometri ruang yang sudah dikembangkan mempunyai efek potensial.
Copyrights © 2021