JAKU (Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja) (e-journal)
Vol. 6 No. 2 (2021): Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja

PENGARUH KEJELASAN SASARAN ANGGARAN DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP AKUNTABILITAS KINERJA PEMERINTAHAN KOTA JAMBI (KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI)

Indra Kharisma P (Pemerintahan Kota Jambi)
Sri Rahayu (Dosen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi)
Yudi Yudi (Dosen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2021

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kejelasan sasaran anggaran, pengendalian intern terhadap akuntabilitas kinerja Pemerintah Kota Jambi dengan komitmen organisasi sebagai variabel pemoderasi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah pegawai yang bekerja pada instansi Pemerintah Kota Jambi, di mana sampel dalam penelitian adalah Kepala OPD, Kasubbag Perencanaan dan Evaluasi dan Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK) dilingkungan instansi pemerintah Kota Jambi yang berjumlah 72 responden. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda dan MRA dengan bantuan program SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan kejelasan sasaran anggaran dan pengendalian intern berpengaruh positif baik secara simultan maupun parsial terhadap akuntabilitas kinerja pemerintah. Komitmen organisasi sebagai variabel moderasi dapat memoderasi hubungan antara kejelasan sasaran anggaran terhadap akuntabilitas kinerja pemerintah, sedangkan komitmen organisasi tidak dapat memoderasi hubungan antara pengendalian intern terhadap akuntabilitas kinerja pemerintah. Kata kunci:     Pengaruh kejelasan sasaran anggaran, pengendalian intern terhadap akuntabilitas kinerja Pemerintah Kota Jambi dengan komitmen organisasi sebagai variabel pemoderasi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jaku

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Akuntansi dan Keuangan Universitas Jambi (JAKU) merupakan jurnal yang mempublikasikan Tulisan Ilmiah dan hasil penelitian di bidang Akuntansi dari hasil-hasil riset/penelitian yang mencakup analisis statistik, studi kasus maupun penelitian lapangan dari berbagai perspektif. Topik Kajian ...