JAKU (Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja) (e-journal)
Vol. 6 No. 3 (2021): Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja

PENGARUH KECUKUPAN MODAL DAN DANA PIHAK KETIGA TERHADAP PROFITABILITAS MELALUI PERTUMBUHAN KREDIT (STUDI EMPIRIS PADA INDUSTRI PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2015-2019)

Winda Wulan S (Bank 9 Jambi)
Mukhzarudfa Mukhzarudfa (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi)
Tona Aurora L (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecukupan modal dan dana pihak ketiga terhadap profitabilitas melalui pertumbuhan kredit industri perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015 - 2019. Populasi penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015 - 2019. Teknik penarikan sampel penelitian adalah dengan menggunakan metode purposive sampling yaitu sampel dipilih atas dasar kesesuaian karakteristik sampel dengan kriteria pemilihan sampel yang ditentukan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur (path analysis) yang merupakan pengembangan dari analisis regresi berganda dengan bantuan komputer melalui program SPSS 25.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: kecukupan modal dan dana pihak ketiga memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan kredit, sedangkan kecukupan modal, dana pihak ketiga serta pertumbuhan kredit memiliki pengaruh terhadap profitabilitas. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kecukupan modal terhadap profitabilitas yang dimediasi oleh pertumbuhan kredit pada industri perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia melalui pertumbuhan kredit, sedangkan tidak terdapat Pengaruh Dana Pihak Ketiga terhadap profitabilitas pada industri perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia melalui pertumbuhan kredit. Kata Kunci: Profitabilitas, Kecukupan Modal, Dana Pihak Ketiga, Pertumbuhan Kredit.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jaku

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Akuntansi dan Keuangan Universitas Jambi (JAKU) merupakan jurnal yang mempublikasikan Tulisan Ilmiah dan hasil penelitian di bidang Akuntansi dari hasil-hasil riset/penelitian yang mencakup analisis statistik, studi kasus maupun penelitian lapangan dari berbagai perspektif. Topik Kajian ...