JAKU (Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja) (e-journal)
Vol. 6 No. 3 (2021): Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja

PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2014-2018)

Agung Pratama (Bank 9 Jambi)
Mukhzarudfa Mukhzarudfa (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi)
Yudi Yudi (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh kepemilikan manajerial, kepemilikan institutional, pertumbuhan perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel mediasi pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2018. Populasi penelitian ini meliputi semua perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Data populasi penelitian sebanyak 43 perusahaan dan diperoleh sampel 20 perusahaan sehingga data penelitian berjumlah 20 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan secara parsial, kepemilikikan institusional berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas, profitabilitas, pertumbuhan, dan kepemilikan institusional berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Kepemilikan manajerial dan pertumbuhan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap profitabilitas. Kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas tidak berpengaruh sebagai variabel intervening dengan kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, pertumbuhan perusahaan terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci : Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Pertumbuhan Perusahaan, Nilai Perusahaan dan Profitabilitas.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jaku

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Akuntansi dan Keuangan Universitas Jambi (JAKU) merupakan jurnal yang mempublikasikan Tulisan Ilmiah dan hasil penelitian di bidang Akuntansi dari hasil-hasil riset/penelitian yang mencakup analisis statistik, studi kasus maupun penelitian lapangan dari berbagai perspektif. Topik Kajian ...