Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Vol 3, No 11 (2013)

KINERJA PELAYANAN KEPENDUDUKAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN BANDUNG BARAT

Sofyan, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2013

Abstract

ABSTRAKKajian tentang Kinerja Pelayanan Kependudukan Pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bandung Barat adalah suatu kajian dengan permasalahan yang dirumuskan yaitu mencoba memberikan telaahan mengenai Bagaimana Kinerja Pelayanan Kependudukan Pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bandung Barat, khususnya dalam penerapan prinsip-prinsip pelayanan pada penyelenggaraan pelayanan administrasi kependudukan dalam upaya penciptaan pelayanan prima, khususnya pelayanan dalam hal Pembuatan Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, Bina Lindung Penduduk Musiman dan Proses Pemutakhiran Data Penduduk.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan dua sumber pengumpulan data, yaitu data primer melalui observasi partisipasi dan wawancara mendalam (in-depth interview) dan data sekunder melalui studi kepustakaan, selanjutnya teknik pengolahan data kualitatif tersebut dilakukan dengan 3 langkah yaitu reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan dan verifikasi.Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pelayanan kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bandung Barat berdasarkan pada 10 prinsip pelayanan yang ada, ternyata 5 dari 10 prinsip tersebut telah dapat dijalankan dengan baik, kelima prinsip dimaksud adalah mengenai Kesederhanaan Prosedur, Kejelasan, Keamanan, Tanggungjawab dan Kedisiplinan, Kesopanan dan Keramahan.Selanjutnya 5 (lima) prinsip dari 10 prinsip tersebut , ternyata dalam memberikan pelayanan pada dinas dimaksud, belum dapat terealisasi secara baik, sehingga masih perlu peningkatan kinerja pelayanan agar mencapai pada terciptanya pelayanan prima pada dinas tersebut. Kelima prinsip dimaksud adalah hal-hal yang berkaitan dengan Kepastian Waktu Pelayanan, Akurasi Produk Pelayanan, Kelengkapan Sarana dan Prasarana Pelayanan, Kemudahan Akses dan Kenyamanan dalam memberikan pelayanan.

Copyrights © 2013