Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian
Vol 2, No 1 (2022): March

Konservasi Lahan Hulu Sungai Citanduy untuk Mewujudkan Ketahanan Pangan Mandiri Masyarakat di Kabupaten Tasikmalaya

Siti Fadjarajani (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi)
Ely Satiyasih Rosali (Universitas Siliwangi)
Erwin Hilman Hakim (Universitas Siliwangi)
Darwis Darmawan (Universitas Siliwangi)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2022

Abstract

Konservasi sumberdaya alam dan lingkungan adalah tanggung jawab semua umat manusia yang ada dipermukaan bumi. Konservasi lahan harus memperhitungkan proses pembangunan berkelanjutan. Konservasi lahan yang baik akan sejalan dengan uapya perwujudan ketahanan pangan dimasyarakat lokal. Ketahanan Pangan merupakan isu multidimesi mengkaji lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami 1) Perubahan Persepsi Masyarakat terhadap Pengelolaan Sumberdaya Air 2)Pemanfaatan Lahan secara Konservatif di Hulu Sungai Citanduy untuk mendukung Ketahanan Pangan Mandiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi dan studi litelatur. Objek dalam penelitian ini adalah Konservasi Lahan pada Kawasan Hulu Sungai Citanduy dan Objek dari penelitian ini adalah masyarakat lokal di Desa Guranteng Kecamatan Pageurageung. Hasil Penelitian meningkatkan persepsi masyarakat Adanya kesadaran dari masyarakat melalui menciptakan perilaku dan gerakan dari dalam diri masyarakat untuk berupaya sedemikian rupa melakukan konservasi sungai. Banyak melakukan kegiatan penanaman di daerah hulu sungai agar menjaga kondisi lingkungan serta meningkatkan ketahanan pangan masyarakat lokal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dikmas

Publisher

Subject

Education

Description

Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian is a journal managed by Master Program in Nonformal Education Post Graduate Program Gorontalo State University. This journal contains articles of community service with the scope of Training and Marketing that are utilized for community ...