Jurnal Terapan Abdimas
Vol 7, No 1 (2022)

MEMBANGUN KARAKTER PESERTA DIDIK SMP BANGKA BARAT MELALUI LITERASI DIGITAL DI TENGAH PENDIDIKAN ABAD 21

Kintoko Kintoko (Universitas PGRI Yogyakarta)
Ferani Mulianingsih (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2022

Abstract

Abstract. The development of the world at this time has entered the era of the industrial revolution 4.0, the form of human life has been based on information. Digital literacy is very important for everyone and for the future of nation and state in preparing quality graduates of SMP Bangka Barat and able to compete globally, as well as mastering technological developments. Therefore, digital literacy needs to be developed in today's education world to build a better national character and be ready to face the 21st century education era. The purpose of community service carried out at SMP Negeri 3 Simpang Teritip and SMP Negeri 4 Simpang Teritip Bangka Barat is to analyze how to build the character of students at the junior high school level through digital literacy in learning to face 21st century education. This mentoring method is carried out by observing and inventorying problems, mapping problems, taking actions in the form of providing motivation, counseling, education about character-based digital literacy. The results of community service at SMP Negeri 3 Simpang Teritip and SMP Negeri 4 Simpang Teritip were found some teacher misunderstandings in applying digital literacy in the learning process. In addition, it has succeeded in educating and counseling the use of character-based digital literacy. The conclusion of this community service activity is that the active participation of teachers in this activity is the key to the success of implementing community service. Careful preparation and understanding of character-based digital literacy which is the target is the capital to guarantee the success of the activity. Mentoring, training in the application of character-based digital literacy still needs to be done so that teachers have the ability to develop their professional competencies. Abstrak. Perkembangan dunia pada saat ini telah memasuki era revolusi industri 4.0, bentuk kehidupan manusia telah berbasis informasi. Literasi digital merupakan hal yang sangat penting untuk semua orang dan bagi masa depan suatu Bangsa dan Negara dalam menyiapkan lulusan SMP Bangka Barat yang berkualitas dan mampu bersaing secara global, serta menguasai perkembangan teknologi. Oleh karena itu, literasi digital perlu dikembangkan dalam dunia pendidikan sekarang ini untuk membangun karakter bangsa yang lebih baik dan siap menghadapi era pendidikan abad 21. Tujuan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di SMP Negeri 3 Simpang Teritip dan SMP Negeri 4 Simpang Teritip Bangka Barat ini adalah untuk menganalisis bagaimana cara membangun karakter peserta didik di tingkat SMP melalui literasi digital dalam pembelajaran untuk menghadapi pendidikan abad 21. Metode pendampingan ini dilakukan dengan cara observasi dan inventarisasi masalah, pemetaan permasalahan, melakukan tindakan berupa pemberian motivasi, penyuluhan, edukasi tentang literasi digital berbasis karakter. Hasil dari pengabdian masyarakat di SMP Negeri 3 Simpang Teritip dan SMP Negeri 4 Simpang Teritip adalah ditemukan beberapa ketidakpahaman guru dalam mengaplikasikan literasi digital pada proses pembelajaran. Selain itu berhasil dalam edukasi dan penyuluhan penggunaan literasi digital berbasis karakter. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu partisipasi aktif guru dalam kegiatan ini menjadi kunci suksesnya penyelenggaraan pengabdian pada masyarakat. Persiapan yang matang dan pemahaman literasi digital berbasis karakter yang menjadi sasaran merupakan modal untuk jaminan sukses kegiatan. Pendampingan, pelatihan-pelatihan dalam penerapan literasi digital berbasis karakter ini masih perlu dilakukan agar guru memiliki kemampuan pengembangan kompetensi profesionalnya.

Copyrights © 2022