LaGeografiA
Vol 20, No 2 (2022): Februari

Efektivitas Pembelajaran E-Learning Menggunakan Aplikasi Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Geografi Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 14 Makassar

Hasriyanti Hasriyanti (Jurusan Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar)
Amal Arfan (Jurusan Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar)
Siti Raihanah Rinduputri Faisal (Jurusan Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

This study aims to determine the effectiveness of using the Google Classroom application in learning geography for class X students of SMA Negeri 14 Makassar referring to learning outcomes. This is a pre-experimental study involving one experimental group, namely class X MIPA 5 using purposive sampling technique. Data collection was carried out using learning outcomes tests and questionnaires. The data analysis technique used is statistical analysis technique and product moment correlation. The results of the study stated that the use of Google Classroom on the geography learning outcomes of class X students of SMA Negeri 14 Makassar was not effective. The relationship between the two variables was tested for significant correlation coefficient with t test obtained tcount (2,386) > ttable (2,045), so that H0 was accepted with a contribution of 16.4025%. There are inhibiting factors, namely: constrained internet access and supporting factors, namely the application of Google Classroom and student motivation. AbstrakPenelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi Google Classroom dalam pembelajaran goegrafi di kelas X SMA Negeri 14 Makassar mengacu pada hasil belajar. Merupakan penelitian pre eksperimen yang melibatkan satu kelompok ekperimen yaitu kelas X MIPA 5 menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analis statistika dan korelasi product moment. Hasil penelitian menyatakan bahwa penggunaan Google Classroom terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri 14 Makassar tegolong tidak efektif. Hubungan antara kedua variabel dilakukan pengujian signifikan koefisien korelasi dengan uji t diperoleh thitung (2,386) > ttabel (2,045), sehingga H0 diterima dengan kontribusi sebesar 16,4025%. Terdapat faktor penghambat yaitu: terkendala akses internet serta faktor pendukung yaitu pengaplikasian Google Classroom dan motivasi siswa. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Lageografia

Publisher

Subject

Humanities Education Physics Social Sciences Other

Description

LaGeografia adalah open journal system yang menggunakan sistem peer-review pada jurnal yang di submit yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Universitas Negeri Makassar. LaGeografia adalah jurnal Open-Access dan diterbitkan tiga kali setahun setiap bulan Oktober, ...