Jurnal Ilmiah Dinamika Rekayasa (DINAREK)
Vol 18, No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Dinamika Rekayasa - Februari 2022

Pengaruh Driving Distraction Penggunaan Smartphone Terhadap Pengemudi Sebagai Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Dengan Multilevel Factorial

Hasyim Asyari (Teknik Industri, Universitas Jenderal Soedirman)
Febri Maulana (Teknik Industri, Universitas Jenderal Soedirman)
Katon Muhammad (Teknik Industri, Universitas Jenderal Soedirman)
Rani Aulia Imran (Teknik Industri, Universitas Jenderal Soedirman)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2022

Abstract

Sebagian besar kecelakaan di jalan raya disebabkan oleh gangguan yang dialami oleh pengemudi saat menyetir disebut driving distraction. Jumlah kecelakaan lalu lintas mencapai 18.000 jiwa mayoritas disebabkan oleh driving distraction  salah satunya karena penggunaan smartphone. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh driving distraction, berdasarkan distraction time, time traffic, jenis jalan, dan menganalisa penggunaan smartphone. Metode eksperimen yakni multilevel factorial desain dengan purposive sampling menggunakan driving simulator di laboratorium. Perlakuan yang diberikan yakni membaca pesan, membuka peta, dan membalas pesan. Berdasarkan hasil penelitian , pada kondisi jalan dengan 4 lajur kondisidan traffic off-peak (senggangsepi), penggunaan smartphone selama 10 detik beresiko kecelakaan rendah (mencapai 0%). Kondisi jalan dengan dua lajur dan traffic peak hour (sibuk), penggunaan smartphone selama 25 detik memiliki tingkat rasio terjadinya kecelakaan yang relative relatif tinggi (70%). Penggunaan smartphone selama 45 detik bertingkat resiko terjadinya kecelakaan mencapai 100%, jalan dua lajur dengan traffic peak hour. Terdapat tingkat kecelakaan yang rendah atau cenderung tidak terjadi pada penggunaan smartphone  saat berkendara dengan nilai Y = 1.450, kondisi tersebut ialah kombinasi antara durasi 10 detik, jalan 2 lajur, dan traffic off-peak. Penggunaan smartphone saat berkendara lebih dari 10 detik pada jalan 2 atau 4 lajur dengan kondisi lalu lintas sepi maupun sibuk menunjukkan resiko kecelakaan 65%-100%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

DINAREK

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

DINAREK is a scientific journal published by Engineering Departement of Jenderal Soedirman University. DINAREK is a peer reviewed nasional journal in Indonesian, published two issues per year (February and August). DINAREK is to publish high-quality articles dedicated to all aspects of the latest ...