Department of Naval Architecture
Vol 10, No 1 (2022): Januari

Studi Perancangan Dan Analisa Olah Gerak Kapal Trailing Suction Hopper Dredger Untuk Reklamasi Teluk Jakarta

Priscilla Wilhelmina Yohana (Department Teknik Pekapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro. Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275)
Andi Trimulyono (Department Teknik Pekapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro. Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275)
Hartono Yudo (Department Teknik Pekapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro. Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2022

Abstract

Reklamasi merupakan usaha memperluas tanah (pertanian) dengan memanfaatkan daerah yang semula tidak berguna (misalnya dengan cara menguruk daerah rawa-rawa. Biasanya reklamasi dilakukan dengan menggunakan alat bantu excavator maupun kapal keruk dengan berbagai variasi. Kapal keruk yang akan dirancang adalah Trailling Suction Hopper Dredger, dimana kapal ini merupakan kapal keruk yang memiliki kapasitas berlayar penuh yang digunakan untuk memelihara saluran air yang dapat dilalui, memperdalam kanal maritim yang terancam menjadi endapan lumpur, untuk membangun tanah baru di tempat lain atau untuk menggantikan pasir yang terkikis oleh badai atau gelombang pantai. Hal ini dikarenakan oleh pompa dan mesin yang besar dan kuat yang mampu menyedot pasir, tanah liat, lumpur dan kerikil.Kapal ini juga dirancang agar dapat menghemat waktu dan uang sehingga kapal ini dirancang dengan Panjang LOA 130,92 m, LPP 126 m, LWL 130,441 m, B 18 m, T 6 m, Cb 0,76 dan kecepatan 12,5 knot. Kapal ini dianalisis stabilitas dengan bedasarkan 5 kondisi muatan serta untuk analisis olah gerak dilakukan dengan melakukan evaluasi terhadap nilai RMS vertical acceleration at FP, pitching dan rolling pada tinggi gelombang 0,5 m, 1,5 m dan 2,5 m dengan sudut heading 0, 45, 90, 135 dan 90. Perhitungan stabilitas serta olah gerak pada model kapal yang dirancang telah memenuhi kriteria yang telah ditentukan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

naval

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

Jurnal Jurusan Teknik Perkapalan yang berisi artikel karya ilmiah mahasiswa program Sarjana Teknik Perkapalan universitas ...