Al-Buhuts (e-journal)
Vol. 14 No. 01 (2018): Al-Buhuts

Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Kewirausahaan Dalam Kurikulum di SMK Salafiyah Syafi’iyah Randangan Provinsi Gorontalo

Nurhamida Nurhamida (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan pengambilan sampel sumber data secara purposive sampling. lokasi penelitian pada SMK Salafiyah Syafi’iyah Randangan Gorontalo. Sumber data penelitian yaitu primer dan sekunder yaitu data primer bersumber dari informan di lapangan melalui wawancara dan observasi partisipasi serta foto-foto dan data sekunder berupa dokumen berupa buku-buku dan literature yang relevan yang dituliskan dalam catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data (reduction) yang dilakukan dengan jalan melakukan abstraksi, penyajian data (display) , penarikan kesimpulan (conclution/verification). Pengujian keabsahan data dilakukan dengan pengamatan, memperpanjang kehadiran peneliti, triangulasi dan diskusi dengan teman sejawat. Temuan hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Internalisasi nilai-nilai pendidikan kewirausahaan pada mata pelajaran sudah diterapkan yaitu dimasukkannya nilai-nilai tersebut ke dalam perencanaan pembelajaran seperti silabus dan RPP, walaupun dalam pelaksanaan pembelajaran dengan segala keterbatasan guru yang tidak berlatar belakang pendidikan sesuai dengan mata pelajaran yang di ampuhnya, dan telah telihat perubahan sikap peserta didik di dalam pembelajaran dari penanaman lima nilai kewirausahaan seperti kreatif dan mandiri, namun dalam hal evaluasi pembelajaran belum mengacu pada standar penilian yang baku.(2).Faktor pendukung internalisasi nilai pendidikan kewirausahaan yaitu semangat belajar yang tinggi dari peserta didik, ruang belajar yang nyaman, metode pembelajaran yang tepat, media atau lat belajar yang lengkap dan berfungsi baik, serta keteladanan dari guru atau komponen sekolah, sedangkan faktor penghambat yaitu keterlambatan peserta didik di ruang belajar, guru yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan, tingkat pemahaman peserta didik yang berbeda-beda, ketersediaan sarana dan prasarana yang masih minim di SMK Salafiyah Syafi’iyah Randangan rendahnya kualitas sumber daya manusia, sarana prasaran pendukung praktik peserta didik belum memadai, serta faktor modal yang sangat minim serta keterbatasan modal untuk mendukung praktik peserta didik.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ab

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Al-Buhuts (e-Journal) : is a biannual peer-reviewed journal published in June and Desember by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo, Indonesia Print-ISSN 1907-0977, Online-ISSN 2442-823X Al-Buhuts (e-Journal) encompasses ...