Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer
Volume 10, Issue 1, Year 2022 (January 2022)

Optimasi SVM menggunakan algoritme grid search untuk identifikasi citra biji kopi robusta berdasarkan circularity dan eccentricity

Herlin Apriani (Department of Informatics, Universitas Singaperbangsa Karawang. Jl. HS.Ronggo Waluyo, Puseurjaya, Kec. Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41361|Universitas Singaperbangsa Karawang)
Jajam Haerul Jaman (Department of Informatics, Universitas Singaperbangsa Karawang. Jl. HS.Ronggo Waluyo, Puseurjaya, Kec. Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41361|Universitas Singaperbangsa Karawang)
Riza Ibnu Adam (Department of Informatics, Universitas Singaperbangsa Karawang. Jl. HS.Ronggo Waluyo, Puseurjaya, Kec. Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41361|Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Varietas kopi merupakan salah satu faktor utama yang mempengaruhi kualitas dan harga kopi, sehingga penting untuk mengenali varietas kopi. Kajian ini bertujuan untuk optimasi pengenalan citra biji kopi robusta berdasarkan fitur circularity dan eccentricity menggunakan support vector machine (SVM) dan algoritme grid search. Metode yang digunakan terdiri dari, akusisi citra, preprocessing, ekstraksi fitur, klasifikasi, dan evaluasi. Circularity dan eccentricity digunakan dalam proses ekstraksi fitur, Sedangkan algoritme grid search digunakan untuk optimasi parameter SVM dalam proses klasifikasi pada 4 kernel berbeda. Kajian ini menghasilkan model klasifikasi terbaik dengan akurasi tertinggi sebesar 94% pada kernel RBF dan Polynomial.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JTSISKOM

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer (JTSiskom, e-ISSN: 2338-0403) adalah terbitan berkala online nasional yang diterbitkan oleh Departemen Teknik Sistem Komputer, Universitas Diponegoro, Indonesia. JTSiskom menyediakan media untuk mendiseminasikan hasil-hasil penelitian, pengembangan dan ...