Higher Order Thinking Skill (HOTs) berperan penting dalam pembelajaran abad 21, meliputi berpikir secara kritis dan inovatif. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran virtual fisika dengan model Problem Based Learning untuk meningkatkan HOTs Siswa SMA. Jenis peneltian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan one-group pre-test post-test design tanpa adanya kelompok kontrol. Sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu peserta didik SMAN 17 Surabaya yang seluruhnya berjumlah 62 peserta didik yang terbagi dalam 2 (dua) kelas. Data dikumpulkan menggunakan Instrumen berupa: tes HOTs, angket respons siswa, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Analisis data melaluiĀ uji-t berpasangan, perhitungan N-gain, dan uji-t independen. Hasil penelitian menyatakan bahwa pembelajaran virtual fisika dengan Model PBL efektif meningkatkan HOTs siswa SMA yang ditunjukkan oleh adanya peningkatan skor HOTs siswa yang secara statistik signifikan pada alfa 5%; rerata n-gain kedua kelas masing-masing berkategori sedang; rerata n-gain tidak berbeda secara signifikan dari kedua kelas; dan respons siswa berkategori sangat baik terhadap pembelajaran menggunakan model PBL. Dengan ini, pembelajaran virtual model PBL bisa menjadi masukan bagi guru untuk memperbaiki HOTs siswa.
Copyrights © 2022