Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Vol 6, No 2 (2021): Teks

PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF BELAJAR PANTUN BERBANTU SMART APP CREATOR UNTUK SD DI KABUPATEN SEMARANG

Ashsa Widiastutik Martini (Universitas PGRI Semarang)
Sri Suciati (Universitas PGRI Semarang)
Nazla Maharani Umaya (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan (1).Mendeskripsikan media belajar pantun yang sudah ada di sekolah dasar Kabupaten Semarang.(2).Mendeskripsikan kebutuhan awal guru dan siswa terhadap pengembangan media video interaktif belajar pantun berbantu smart App creator untuk SD di Kabupaten Semarang.(3)Mendeskripsikan pengembangan media video interaktif belajar pantun berbantu smart App creator untuk SD di Kabupaten Semarang.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) mengadopsi dari Sugiyono yang meliputi langkah-langkah sebagai berikut : 1) Studi Pendahuluan, yakni studi literatur dan studi lapangan, 2). Studi Pengembangan, meliputi: (1) desain produk awal, (2) koreksi desain dari para pakar, (3) revisi desain, (4) uji coba terbatas, (5) Focus Grup Diskusi (FGD), dan (6) revisi produk.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di Kabupaten Semarang. Sempel dalam penelitian ini SDN Bergaslor 01 dan SD Kanisius Girisonta.Hasil penilaian validasi pakar/ahli menunjukkan presentase keseluruhan yang didapat adalah 90,3% atau jika dikonversikan ke dalam kriteria atau kategori mendapat predikat layak diujicobakan. Setelah divalidasi, media pembelajaran diujicobakan di sekolah yang diteliti dan mendapatkan penilaian guru kelas V di dua sekolah tersebut, didapatkan hasil yaitu kelayakan penyajian media pembelajaran bagi guru mendapat nilai 93 %. Jika dikonversikan kedalam kriteria atau kategori KD. 3.6 Menggali isi dan amanat pantun yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan kesenangan mendapat predikat layak.Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dikategorikan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Pengembangan media video interaktif berbantu smart app creator dapat memberikan suasana baru yang menyenangkan bagi siswa sehingga siswa termotivasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

teks

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

Jurnal Ilmiah TEKS Program S2 PBSI memuat hasil analisis, pemikiran, dan penelitian yang berkaitan dengan bahasa, sastra, dan pengajarannya. Terbit dua kali dalam setahun. Dikelola dengan penanggung jawab ketua program studi, dan diterbitkan atas dukungan penuh Universitas PGRI Semarang. Manajerial ...