Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains
Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains

Efektivitas media pembelajaran matematika berbasis web dan game edukasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa SMP

Slamet Rahayu (Politeknik Negeri Subang)
Muhammad Iqbal (Unknown)
Ridho Dedy Arief Budiman (IKIP PGRI Pontianak)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peningkatan hasil belajar dari kelompok kontrol dan eksperimen pada mata pelajaran matematika materi perbandingan dan skala. Penelitian ini menggunakan desain jenis eksperimental yaitu Pretest-Posttest Control Group Design. Uji hipotesis menggunakan uji t satu pihak. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Hasil uji t satu pihak data posttest angket hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol yaitu  sig0,000 α 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa kelompok kontrol. Ketuntasan hasil belajar pada pembelajaran matematika materi perbandingan dan skala kelas VII SMP mengalami peningkatan di kelas kontrol sebesar 76% sedangkan di kelompok eksperimen 93% lebih tinggi dari kelompok kontrol.

Copyrights © 2021