JOURNAL INFORMATICS, SCIENCE & TECHNOLOGY
Vol 11 No 1 (2021): Informatics, Science and Technologies Journal

PENGARUH TINGKAT DUKUNGAN IT TERHADAP PENDATAAN DATA POKOK PENDIDIK (DAPODIK)

Satria (Unknown)
Ruseno, Ndaru (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar dukungan IT di subRayon 02 SMK Kota Bekasi dalam pendataan data pokok pendidikan yang menggunakan Aplikasi Dapodik. Penelitian ini menggunakan metode survei kuantitatif dengan metode IT Balanced Scorecard dan kuesioner sebagai instrumennya. Sampel penelitian ini adalah seluruh Sekolah Menengah Kejuruan yang berada di subRayon 02 SMK Kota Bekasi berjumlah 30 sekolah dengan responden yang terdiri dari kepala sekolah dan pengguna (user) Aplikasi Dapodik. Keempat perspektif dalam penelitian ini telah diuji kebenarannya, yaitu dengan hasil Reliability Statistics Cronbach’s Alpha pada penelitian sebagai berikut : Pertama, dukungan IT yang diharapkan pada perspektif kontribusi perusahaan/organisasi sebesar 0.881, orientasi pengguna sebesar 0.889, penyempurnaan operasional sebesar 0.958 dan orientasi masa depan sebesar 0.947 dimana hasil yang diperoleh dari masing-masing perspektif menunjukkan angka diatas 0.800 pada tingkat signifikan 5% dan dinyatakan memiliki reliabilitas yang sangat kuat. Kedua, dukungan IT saat ini pada perspektif kontribusi perusahaan/organisasi sebesar 0.763, orientasi pengguna sebesar 0.752, penyempurnaan operasional sebesar 0.786 dan orientasi masa depan sebesar 0.901 dimana hasil yang diperoleh pada tiga perspektif berada pada angka diatas 0.600 pada alpha 0,05 dan dinyatakan memiliki reliabilitas yang cukup serta pada perspektif orientasi masa depan diatas 0.800 pada alpha 0,05 dan dinyatakan memiliki reliailitas yang sangat kuat. Ketiga, nilai kesenjangan pada perspektif kontribusi perusahaan/organisasi sebesar 0.48, orientasi pengguna sebesar 0.63, penyempurnaan operasional sebesar 0.58 dan orientasi masa depan sebesar 0.51. Berdasarkan maturity level, Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan IT yang diharapkan berada pada level optimised dan saat ini pada level quantitatively managed.

Copyrights © 2021