Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan pada model pembelajran (CUPs) Conceptual Understanding Procedures terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan pemahaman konsep siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX 1 dan IX 2 MTs Riyadlatul Ulum Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat untuk variabel bebas yaitu model pembelajaran (CUPs) Conceptual Understanding procedures dan variabel terikat yaitu kemampuan komunikasi matematis dan pemahaman konsep siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan penelitian ini adalah Cluster Random Sampling yaitu teknik acak kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunaka yaitu uji Normalitas dan Homogenitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji Multivariate Analysis of Varians (Manova). Berdasarkan hasil penelitian dan hitung Uji Multivariate Analysis of Varians (Monova), diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran model (CUPs) Conceptual Understanding Procedures efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan pemahaman konsep siswa.
Copyrights © 2022