Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 5, No 2 (2021)

Efektivitas Model Pembelajaran (CUPs) Conceptual Understanding Procedures Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Pemahaman Konsep Siswa

Anita Destati (Unknown)
Farida Farida (Unknown)
Siska Andriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan pada model pembelajran (CUPs) Conceptual Understanding Procedures terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan pemahaman konsep siswa. Sampel  yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX 1 dan IX 2 MTs Riyadlatul Ulum Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat untuk variabel bebas yaitu model pembelajaran (CUPs) Conceptual Understanding procedures dan variabel terikat yaitu kemampuan komunikasi matematis dan pemahaman konsep siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan penelitian ini adalah Cluster Random Sampling yaitu teknik acak kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunaka yaitu uji Normalitas dan Homogenitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji Multivariate Analysis of Varians (Manova). Berdasarkan hasil penelitian dan hitung Uji Multivariate Analysis of Varians (Monova), diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran model (CUPs) Conceptual Understanding Procedures efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan pemahaman konsep siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mercumatika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research ...