Pandemi global yang terjadi mendorong percepatan literasi digital dan menuntut para wirausahawan untuk melek teknologi agar dapat menjangkau customer yang menjalani social distancing di rumah dan lebih banyak menghabiskan waktunya secara daring. Para wirausahawan terutama wirausahawan muda harus memahami pentingnya teknologi untuk menarik pelanggan. Artikel ini menguraikan program pengembangan kewirausahaan (PPK) yang memfokuskan pelatihannya kepada peningkatan literasi digital bagi wirausaha muda untuk meraih peluang bisnis, memperluas usaha serta menjangkau, dan mempertahankan pelanggan melalui platform digital. Program ini dilakukan oleh tim PPK Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda menggunakan metode rekrutmen tenant melalui proses sosialisasi dan seleksi untuk menyeleksi tenant berdasarkan motivasi berwirausaha beserta profil usahanya. Selain itu, program pengembangan kewirausahaan yang dijalankan juga meliputi proses pendampingan dan pelaksanaan seminar daring. Program ini menunjukan hasil yang positif dalam meningkatkan literasi digital para peserta, meningkatkan kreatifitas dan motivasi berwirausaha serta meningkatkan channel pemasaran dan distribusi melalui aplikasi marketplace local “Behambinan” bagi para tenant PPK Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda. Berkenaan dengan hasil ini, kami menyarankan kepada perguruan tinggi untuk dapat melaksanakan program pengembangan kewirausahaan yang mendorong literasi digital para peserta agar dapat memanfaatkan platform digital untuk memperluas usaha, berpikir kreatif untuk memenangkan persaingan, dan memanfaatkan peluang di era new normal.
Copyrights © 2021