ALAMTANA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT UNW MATARAM
Vol 2 No 3 (2021): Edisi Desember 2021

ASESMEN ASESMEN DIAGNOSTIK NON-KOGNITIF GAYA BELAJAR SISWA DI SEKOLAH PENGGERAK SMPN 4 KERUAK, LOMBOK TIMUR

raden didi kuswara (Pendidikan Biologi UNW Mataram)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2022

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mendiagnosis gaya belajar siswa kelas VIIA SMPN 4 Keruak, Lombok Timur menggunakan aplikasi dan web AKU PINTAR dengan tiga jenis gaya belajar yakni visual, auditori, dan kinestetik. Diagnosis ini sangat penting untuk dilakukan, karena sebagai acuan guru untuk mendesain proses pembelajaran ataupun dalam menyusun bahan ajar dan media pembelajaran sesuai dengan gaya belajar siswa. Berdasarkan hasil asesmen diagnosis gaya belajar siswa didapatkan bahwa gaya belajar auditori yang mendominasi yakni sebesar 34,62% dan kombinasi ketiga jenis gaya belajar yakni visual auditori kinestetik sebesar 30,77%, sisanya visual, audio visual, audio kinestetik, dan visual kinestetik. Dari hasil asesmen tersebut guru harus mengakomodasi semua gaya belajar siswa pada kelas VIIA tersebut, agar semua siswa dapat memahami informasi yang diberikan guru dan menyerap ilmu pengetahuan yang seharunya mereka dapatkan sehingga pembelajaran optimal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jaltn

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Dentistry Economics, Econometrics & Finance Education Immunology & microbiology Industrial & Manufacturing Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Mathematics Medicine & Pharmacology Public Health Social Sciences Transportation Other

Description

Jurnal ALAMTANA merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Nahdlatul Wathan Mataram dengan e-ISSN 2722-6751. Jurnal ALAMTANA memuat artikel hasil pengabdian para dosen, akademisi, dan mahasiswa dalam membantu dan lembaga sumber daya, ...