Tokopedia merupakan salah satu perusahaan perdagangan elektronik yang memiliki data pertumbuhan yang sangat pesat dengan seiring berjalannya waktu. Adanya data terus menerus bertambah besar sehingga dapat terjadinya masalah bagi user. User sering mengalami kendala dalam promosi produk yang sering dikunjungi pembeli. Selain itu pembeli sering mengalami kesulitan untuk menemukan kebutuhan produk terbaik yang sesuai kebutuhan pembeli. Dengan adanya masalah tersebut yang terjadi maka dapat diatasi dengan adanya sistem rekomendasi produk tertentu untuk ditawarkan kepada pembeli. Sistem rekomendasi penelitian ini mengimplementasikan dengan Algoritma K-Nearest Neighbor pada Rating Product Reviews Tokopedia. Algoritma K-Nearest Neighbor yang digunakan untuk menentukan top-n rekomendasi produk tertentu untuk ditawarkan kepada pembeli. Hasil dari penelitian yang dilakukan pada data 2040 rating produk dengan menggunakan algoritma K-Nearest Neighbors yaitu nilai Accuracy sebesar 73.53%, Precision sebesar 73.64%, Recall sebesar 99.62%.
Copyrights © 2022