Jurnal Ilmiah FIFO
Vol 13, No 2 (2021)

Pengembangan Sistem Marketing Produk Handmade Berbasis E-Commerce Dengan Metode FAST (Studi Kasus : Handmade By Rens)

Linda Wahyu Widianti (STMIK Jakarta STI&K)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2021

Abstract

Sistem marketing produk handmade berbasis e-Commerce merupakan sistem berbasis web yang berguna untuk membantu pelanggan dalam memesan produk handmade. Saat ini penyampaian informasi penjualan produk Handmade By Rens masih menggunakan fasilitas media Instagram dan Facebook. Hal inilah yang membuat kendala yang dihadapi terkait dengan media. Oleh karena itu dengan berkembangnya teknologi mendorong peneliti untuk membuat suatu pengembangan sistem berbasis e-commerce yang dapat membantu pelanggan yang ingin memesan produk Handmade By Rens. Proses perancangan menggunakan Business Use-case Model, Navigation Structure dan Unified Modeling Language (UML). Pembuatan sistem ini menggunakan bahasa pemrograman (HTML, CSS, PHP, JavaScript), jQuery sebagai library, MySQL sebagai database, dan Bootstrap sebagai framework. Dari 3 (tiga) browser yang telah diuji (Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge) sistem ini berjalan dengan baik pada browser Mozilla Firefox dengan kecepatan akses 0,0127 detik. hasil uji respon pengguna yang telah diakumulasikan secara keseluruhan mendapatkan hasil skor total 2.306 poin sehingga mendapat persentase sebesar 92,24%. Dengan sistem ini, pelanggan Handmade By Rens dapat dengan mudah memesan produk handmade secara online kapan saja dan dimana saja.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

fifio

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Ilmiah FIFO UMB diterbitkan oleh program studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu KOmputer merupakan hasil penelitian, penelitian konseptual dan ilmu terapan, yang mencakup dan berfokus pada bidang Rekayasa Perangkat Lunak, E-Business, E-Government, Mobile Computing, Data mining, data warehouse, ...