Indonesian Business Review
Vol 3 No 1 (2020): Indonesian Business Review

Faktor Penentu Penggunaan Dompet Digital pada Konsumen di Daerah Jabodetabek

Denni Irawan Daulay (School of Business and Economics Universitas Prasetiya Mulya JL. RA. Kartini (TB Simatupang), Cilandak Barat Jakarta Selatan, Jakarta 12430 Indonesia.)
Gita Alfiyanna (School of Business and Economics Universitas Prasetiya Mulya JL. RA. Kartini (TB Simatupang), Cilandak Barat Jakarta Selatan, Jakarta 12430 Indonesia.)
Indah Anggraeni (School of Business and Economics Universitas Prasetiya Mulya JL. RA. Kartini (TB Simatupang), Cilandak Barat Jakarta Selatan, Jakarta 12430 Indonesia.)
Reny Aurora Sitohang (School of Business and Economics Universitas Prasetiya Mulya JL. RA. Kartini (TB Simatupang), Cilandak Barat Jakarta Selatan, Jakarta 12430 Indonesia.)
Teddy Simatupang (School of Business and Economics Universitas Prasetiya Mulya JL. RA. Kartini (TB Simatupang), Cilandak Barat Jakarta Selatan, Jakarta 12430 Indonesia.)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2021

Abstract

Mereplikasi penelitian oleh Ahuja dan Joshi (2018) yang dilakukan di India, penelitian ini dilakukan di Jabodetabek untuk mencari faktor-faktor penentu dalam penggunaan dompet digital. Penelitian oleh Ahuja dan Joshi (2018), mendapatkan bahwa faktor-faktor tersebut, dari yang pengaruhnya paling tinggi sampai yang paling rendah adalah: ease of use, benefit, trust, dan self efficacy. Sedikit berbeda, penelitian ini mendapatkan bahwa 4 faktor penentu penggunaan dompet digital di Jabodetabek, dengan urutan pengaruh dari yang paling tinggi ke yang paling rendah yaitu ease of use, self efficacy, benefit, dan trust. Walaupun penelitian ini menggunakan jumlah responden yang lebih banyak dan dengan menggunakan tambahan kuesioner baik dari beberapa sumber jurnal maupun dari hasil wawancara, didapat hasil yang mirip dengan penelitian oleh Ahuja dan Joshi (2018). Ease of use atau kemudahan dalam menggunakan aplikasi menjadi satu keharusan agar baik penyedia jasa layanan yang sekarang maupun yang akan datang, agar mempunyai daya saing yang tinggi. Ketiga faktor lainnya juga penting untuk diperhatikan tanpa mengganggu kemudahan dalam menggunakan aplikasi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ibr

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

IBR seeks to publish high-quality, scholarly empirical research articles in : - management, - strategic management, - organization, - entrepreneurship, - operation management, - human resource management, - business, and organization topics that test, extend, or build theory and contribute to ...