Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia
Vol. 2 No. Spesial Issues 1 (2022): Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia

KARAKTER ISLAMI DAN METODE PEMBINAAN DALAM PEMIKIRAN AL-GHAZALI

Abdul Hafizh Azizi Batubara (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Fiki Roby Handoko Harahap (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Silvi Rewita (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Ira Suryani (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Sukiman (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Moralitas adalah ukuran karakter seorang Muslim. Jika akhlak seseorang dicemarkan dengan nilai-nilai yang bertentangan dengan syariat Islam, maka dialah yang harus disalahkan. mereka yang menentang. Jika dia bertindak sesuai dengan ajaran Al-Qur'an dan Sunnah, akhlaknya mulia ukuran baik buruknya seseorang dapat dilihat dari segi hukum Islam. Karena Syariah adalah hukum yang mengatur kehidupan manusia. Menurut Imam Al-Ghazali, akhlak bukanlah sekedar tindakan, melainkan kemampuan untuk bertindak bukan pengetahuan, tetapi moralitas adalah upaya untuk menghubungkan diri sendiri untuk membuat tindakan dengan perlu mengikat posisi ini bersama-sama, sehingga tindakan yang terjadi dalam posisi ini menjadi kebiasaan sementara. Kehidupan sehari-hari. Ada banyak tantangan yang dapat merusak moral umat Islam saat ini. Oleh karena itu, umat Islam harus benar-benar memahami dan menerapkan esensi Islam. Pendidikan akhlak menurut ajaran Islam.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

humantech

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia (E-ISSN : 2809-1612, P-ISSN : 2809-1620) adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, ...