Jurnal Pendidikan Nusantara
Vol 2 No 2 (2022)

Analisis Fraud Pentagon dalam mendeteksi Financial Statement Fraud (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2020)

Violita Maharani Anggraini (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Atwal Arifin (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2022

Abstract

Financial statement fraud merupakan tindakan kecurangan terhadap laporan keuangan. Teori fraud pentagon oleh Crowe Horwath (2011) memiliki lima unsur elemen yaitu pressure, opportunity, rationalization, capability, arrogance. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis financial statement fraud pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2017-2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa external pressure, ineffective monitoring, nature of industry berpengaruh terhadap financial statement fraud. Sedangkan financial stabilty, change in auditor, change in director, dan frequent number of CEO pic tidak berpengaruh terhadap financial statement fraud.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpnu

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan NUsantara merupakan Jurnal yang dikelola oleh LPPM STKIP NU Kabupaten Tegal, diterbitkan 2 kali dalam setahun (bulan Februari dan Agustus), yang memuat artikel penelitian (research article) di bidang kajian ilmu pendidikan dan sosial humaniora. Jurnal Pendidikan NUsantara ...