Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 8, No 3 (2010)

Perubahan Orientasi pada Pesan Verbal Tembang dalam Seni Tradisional Angguk dan Dolalak

Isbandi Sutrisno (Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
19 Mar 2014

Abstract

Kesenian tradisional selain berfungsi sebagai hiburan bagi masyarakat, dapat pula menjadi sarana penyampai pesan bagi penontonnya. Seni Angguk Kulon Progo dan Dolalak Purworejo memainkan kedua fungsi tersebut melalui penyajian gerak tari, tembang dan musik pengiringnya. Agar tetap dapat menjaga eksistensinya, dilakukan berbagai perubahan dalam penyajian tembang khas Angguk dan Dolalak. Pada awal perkembangannya, tembang Angguk dan Dolalak penuh dengan pesan religi, pembangunan, nasionalisme dan sebagainya. Saat ini tembang-tembang yang disajikan adalah lagu-lagu populer, demi memenuhi selera pasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perubahan orientasi dalam tembang Angguk dan Dolalak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sebagai sebuah seni pertunjukan tradisional, Angguk dan Dolalak masih mampu menarik perhatian masyarakat. Pesan verbal yang penuh makna dalam syair-syair tembang Angguk dan Dolalak semestinya dilestarikan keasliannya. Angguk dan Dolalak diharapkan tetap dapat menjalankan fungsinya sebagai media hiburan dan persuasi, sekaligus sarana mengedukasi masyarakat khususnya di pedesaan. Modifikasi atau kolaborasi dengan seni modern yang dapat menggugah daya tarik masyarakat dilakukan tanpa meninggalkan esensi nilai budaya itu sendiri. Upaya pengembangan kesenian tradisional ini, perlu diimbangi oleh upaya melestarikan nilai-nilai keasliannya.

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

komunikasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi focuses on writings that contain current research and thinking in the fields of: Communication Science, including media and journalism studies, audio and audiovisual broadcasting studies, public relations studies and advertising studies; Design of Visual Communication; ...