Communications
Vol 4 No 1 (2022): COMMUNICATIONS

PRIVACY CONCERN DAN KASUS PENIPUAN BERKEDOK KONTEN

Dessy Kushardiyanti (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
Widodo Agus Setianto (Universitas Gadjah Mada)
Seipah Kardipah (IAIN Syekh Nurjati)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Belakangan ini banyak fenomena baru muncul di media sosial terutama dalam keikutsertaan penggunanya pada tren viral yang ada di berbagai platform. Termasuk yang sedang banyak diperbincangkan yaitu fitur addyours di Instagram Story, berbasis User Generated Content seharunya dapat berdampak positif pada jangkauan engagement lebih luas pada Instagram, namun kenyataannya di Indonesia fitur ini disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab sehingga berujung pada isu penipuan dengan penyalahgunaan identitas pribadi. Dalam penelitian ini, peneliti tertarik untuk menganalisis fenomena tren addyours pada Instagram story kaitannya dengan privacy concern pada pengguna media sosial. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan studi etnografi virtual. Adapun informan dalam penelitian ini adalah pengguna Instagram yang melakukan aktivitas posting konten berdasarkan challenges yang ada pada fitur addyours di Instagram Story. Hasil penelitian menunjukan beberapa motif dalam penggunaan fitur ini diantaranya motif hiburan, motif integrative sosial, motif identitas pribadi, dan motif informasi. Serta penggolongan privasi berfokus pada 2 aspek terkait identitas pribadi yaitu Privacy of data about a person dan Privacy of a person’s persona.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

communications

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Communications publishes research articles from various topics in communication sciences. The journal is an interdisciplinary space that accommodates this research related to communication science; which includes, but is not limited to, interpersonal communication, mass communication, advertising, ...