Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 35, No 1 (2018): April 2018

SELF-EFFICACY CALON GURU MATEMATIKA PADA PENGELOLAAN KELAS DAN PENGAJARAN MATEMATIKA DI STKIP QOMARUDDIN-GRESIK

wildani, Junaidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui self-efficacy calon guru matematika pada kopetensi pengelolahan kelas dan juga pengajaran matematika. Untuk mencapai tujuan tersebut, dua angket untuk masing-masing self-efficacy disiapkan untuk diberikan pada subjek penelitian. Angket yang bertama adalah diadaptasi dari teacher readiness scale for managing challenging classroom behaviour sedangkat angket keduda diadaptasi dari Mathematics teaching efficacy belief instrument. Kedua angket tersebut menggunkan skala Likert dengan nilai dari 1-5 mulai dari sangat tidak setuju sampai sangat setuju. Skor rata-rata tiap item dihitung dengan menjumlahkan seluruh respon subjek untuk item tersebut dan dibagi oleh jumlah subjek. Skor rata-rata self-efficacy keseluruhan dihitung dengan menjumlahkan seluruh rata-rata tiap item dan dibagi dengan jumlah item. Hasil penelitian menunjukan skor rata-rata self-efficacy calon guru matematika pada kemampuan pengelolaan kelas adalah 3.85, sedangkan skor rata-rata calon guru matematika pada kemampuan pengajaran matematika adalah 3.77.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Education

Description

This journal publishes original articles on the latest issues and trends occurring internationally in education curriculum, instruction, learning, policy, and preparation of teachers with the aim to advance our knowledge of education theory and practice. Moreover, this journal also covers the issues ...