MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology
Vol 6, No 2 (2021): DECEMBER

Peningkatan Kompetensi Guru SMA/MA di Kecamatan Bungah dalam Sistem Pembelajaran Daring Menggunakan Learning Management System Menuju Terbentuknya Sekolah Digital

Siti Maghfirotul Ulyah (Universitas Airlangga)
Elly Pusporani (Universitas Airlangga)
Toha Saifudin (Universitas Airlangga)
Christopher Andreas (Universitas Airlangga)
Ayuning Dwis Cahyasari (Universitas Airlangga)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

SMA ASSA’ADAH dan MA MA’ARIF NU ASSA’ADAH merupakan sekolah-sekolah yang berlokasi di Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik. Dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, sekolah-sekolah tersebut memiliki permasalahan seperti belum efektifnya penggunaan fitur-fitur pada platform pembelajaran online dikarenakan keterbatasan keterampilan guru dan keterbatasan sinyal internet peserta didik dan guru. Oleh karena itu, perlu diberikan pelatihan penggunaan fitur-fitur platform pembelajaran online yang efektif dan interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan kompetensi guru sesudah dilakukan pelatihan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif, yaitu dengan mengaplikasikan uji-T berpasangan pada data hasil pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai post-test lebih tinggi daripada nilai pre-test. Hasil pengujian dengan uji-T berpasangan juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kompetensi peserta sebelum dan sesudah pelatihan. Hal ini menunjukan bahwa proses pelatihan efektif meningkatkan kompetensi peserta.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics

Description

MUST is a journal of mathematics education, science, and technology published by the Faculty of Teacher Training and Education, Muhammadiyah University of Surabaya. This journal focuses on the publication of research results and scientific articles on mathematics education, science, and technology. ...