Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Vol 19, No 1 (2022)

Faktor-faktor yang mempengaruhi urbanisasi

Laila Suffina (Economics and Business Faculty, Mulawarman University Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur Indonesia 75119)
Rahcmad Budi Suharto (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda.)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Produk Domestik Regional Bruto, Upah Minimum Kota, serta Kesempatan Kerja terhadap Urbanisasi di Samarinda. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan alat analisis regresi linear berganda. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dalam periode kurun waktu lima belas tahun dari periode 2006 sampai 2020. Data yang ada diolah dengan menggunakan program computer SPSS (Stastistical Package for Social Science) versi 16. Berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa Produk Domestik Regional Bruto bepengaruh positif dan signifikan terhadap Urbanisasi di Samarinda, Upah Minimum Kota berpengaruh postif dan signifikan terhadap Urbanisasi di Samarinda, serta Kesempatan Kerja berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Urbanisasi di Samarinda.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

KINERJA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

KINERJA: Jurnal Ekonomi dan Manajemenis a scientific journal in the field of economics and management published twice a year (in January & ...