ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 6, No 1 (2022): FEBRUARI

PROBLEMATIKA DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA SD

Yoni Ernawanto (Magister Pendidikan Dasar Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia)
Anatri Desstya (Magister Pendidikan Dasar Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia)
Achmad Fathoni (ums)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan 1) penerapan pembelajaran tematik online selama pandemi covid 19 di kelas VI SDN 1 Wonogiri 2) problematika guru dalam pembelajaran tematik online 3) Upaya dalam menangani masalah yang dihadapi guru pada pembelajaran tematik online. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian: 1) proses pembelajaran tematik kelas VI selama pandemi covid-19 berlangsung secara daring.2) problematika  pembelajaran daring antara lain pertama , terkendala jaringan internet dan harga kuota mahal. Kedua, mata pencaharian rata-rata orang tua siswa sebagai pegawai dan pedagang. Ketiga, kemandirian siswa selama belajar dirumah tidak dapat sepenuhnya terlaksana dengan baik. Keempat, Tugas yang diberikan guru kepada siswa membuat siswa terbebani. 3) Upaya yang dilakukan yaitu memberikan dana bantuan BOS, mengusulkan bantuan kuota kemendikbud bagi guru dan siswa, menjalin komunikasi dengan orang tua, guru sekali waktu mendatangi rumah siswa, guru tidak memberikan tugas yang banyak kepada peserta.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

ELSE adalah jurnal ilmiah tentang pendidikan dan pembelajaran sekolah dasar oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah ...