MEDIA BINA ILMIAH
Vol 16, No 5: Desember 2021

PERSEPSI MASYARAKAT DALAM MENENTUKAN PILIHAN MENABUNG ANTARA BANK SYARIAH DAN BANK KONVENSIONAL DI KOTA PALU (STUDI KASUS PEDAGANG YANG BERADA DI PASAR MASOMBA)

Erwan Sastrawan Farid (Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Tadulako)
Mohammad Zeylo Auriza (Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Tadulako)
Mohammad Ega Nugraha (Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Tadulako)
Muhammad Riswandi Palawa (Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Tadulako)
Iin Irawati (Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Tadulako)
Rudy Gosal (Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Tadulako)
Moh. Taufal (Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Tadulako)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2022

Abstract

Bank merupakan lembaga keuangan yang fungsi utamanya adalah menghimpun dana dari masyarakat, penyalurkan dana kepada masyarakat, dan juga memberi pelayanan dalam bentuk jasa-jasa perbankan. Jenis bank jika dilihat dari segi atau caranya dalam menentukan harga baik harga jual maupun harga beli terbagi dalam dua kelompok yaitu bank yang berdasarkan prinsip konvensional dan bank yang berdasarkan prinsip syariah. Menurut survey yang di lakukan oleh Bank Indonesia pada tahun 2003, sepertiga penduduk Indonesia yang beragama Islam masih enggan berurusan dengan bank konvensional.Fakta ini menunjukkan bahwa hanya dengan tidak menyukai bunga bank saja mereka bisa memutuskan untuk tidak mempermudah hidupnya dengan jasa perbankan, maka seharusnya celah ini di manfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh bank syariah untuk mengisi kekosongan. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui hubungan faktor ekonomi, faktor kebudayaan, faktor sosial, dan faktor psikologis terhadap pola persepsi masyarakat dalam menentukan pilihan tempat menabungnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 90 pedagang. Uji chi square dam korelation produk moment digunakan untuk menaganalisis data penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Faktor ekonomi, kebudayaan, sosial dan psikologis dengan persepsi masyarakat dalam menentukan pilihan menabungnya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

MBI

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Media Bina Ilmiah, ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505 (online), diterbitkan 12 (Dua Belas) nomor dalam setahun (Januari-Desember) oleh lembaga pengembangan sumber daya insani. Jurnal ini merupakan sarana komunikasi dan penyebarluasan informasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan, kajian serta ...