Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Vol 6, No 2 (2022)

PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR DI RUMAH PADA MASA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 033928 SIDUMPE KECAMATAN LAEPARIRA

Santa Geovani (Unika Santo Thomas)
Reflina Sinaga (Unika Santo Thomas)
Rumiris Lumban Gaol (Unika Santo Thomas)
Darinda Sofia Tanjung (Unika Santo Thomas)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2022

Abstract

Artikel ini menjelaskan tentang pengaruh belajar dirumah pada masa pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam peneliti adalah metode kuantitatif eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD (25 siswa) di SD 033928 Sidumpe. Dari hasil nilai siswa tahun pembelajaran 2019/2020 pada mata pelajaran matematika memiliki rata-rata sebesar 77.72. Dengan demikian hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika ingin ditingkatkan lagi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan belajar pada pembelajaran daring memiliki pengaruh terhadap hasil belajar matematika. Hal ini terbukti dari nilai thitung > ttabel yaitu 4.416 > 1.711. Maka dengan demikian Ha diterima yaitu adanya pengaruh yang signifikan antar bimbingan belajar saat pembelajaran daring dengan hasil belajar matematika siswa. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bimbingan belajar pada pembelajaran daring mempengaruhi terhadap hasil belajar matematika siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PJR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan ...