J-ESA (Jurnal Ekonomi Syariah)
Vol 4 No 1 (2021): Juni

Strategi Promosi Pengembangan Pariwisata Di Kabupaten Bima Di Tinjau Dari Perspektif Ekonomi Syariah

Muhammad Rasyad Al Fajar (Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima)
Ifantri Ifantri (Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima)



Article Info

Publish Date
09 May 2021

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kualitatatif dan bersifat deskriptif analisis. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu Dinas Pariwisata Kabupaten Bima merumuskan langkah-langkah strategi promotion mix yaitu periklanan, penjualan perorangan, publisitas, promosi penjualan, dan pemasaran sporships. Dalam strategi promosi Dinas Pariwisata Kabupaten Bima menggunakan media elektronik seperti internet sudah berjalan dengan baik. Dinas Pariwisata Kabupaten Bima juga mempunyai Instagram dan Facebook sendiri. Akan tetapi strategi promosi melalui media cetak masih belum maksimal dilakukan. Strategi promosi Dinas Pariwisata Kabupaten Bima dalam perspektif ekonomi syariah dapat disimpulkan bahwa berdasarkan prinsip ekonomi Islam dalam berpromosi dan etika bisnis Islam yang terdiri dari kejujuran, amanah, keadilan, dan istiqomah. Dinas Pariwisata sudah menjalankan prinsip Islam dengan benar sesuai dengan syariat Islam.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jesa

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal J-ESA (Jurnal Ekonomi Syariah) adalah peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah hasil penelitian meliputi hasil kajian dan penelitian di bidang ekonomi Syariah (Lembaga dan Keuangan Syariah, E-Bisnis, Kewirausahaan dan Pengembangan UMKM). Jurnal J-ESA (Jurnal Ekonomi ...