Automotive Experiences
Vol 1 No 02 (2018)

Pembelajaran Kooperatif STAD untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Praktik Kelistrikan SMK (Studi pada SMK Sriwijaya Karangpucung)

Parikhin Parikhin (Politeknik Dharma Patria Kebumen, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2018

Abstract

Tujuan penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran praktik kelistrikan menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD. Desain penelitian Kemmis & Mctaggart yang meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Proses penelitian dalam tiga siklus, fokus pada kelas XI TKR SMK Sriwijaya. Teknik pengumpulan data dengan observasi, uji kompetensi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data proses pembelajaran dengan analisis deskriptif kualitatif dan mengetahuai ketercapaian hasil belajar dengan analisis deskriptif kuantitatif, subjek dalam penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik kelas XI TKR. Hasil penelitian terdapat peningkatan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif STAD meningkatkan kualitas pembelajaran praktik jika dilihat dari hasil aktivitas pendidik, peserta didik dan hasil uji kompetensi peserta didik yang meliputi persiapan, proses, hasil, sikap dan waktu kerja

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

AutomotiveExperiences

Publisher

Subject

Aerospace Engineering Automotive Engineering Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Energy Materials Science & Nanotechnology Mechanical Engineering

Description

Automotive experiences invite researchers to contribute ideas on the main scope of Emerging automotive technology and environmental issues; Efficiency (fuel, thermal and mechanical); Vehicle safety and driving comfort; Automotive industry and supporting materials; Vehicle maintenance and technical ...