CITIZEN: Jurnal Ilmiah Mulitidisiplin Indonesia
Vol. 1 No. 2 (2021): CITIZEN: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia

PERSPEKTIF KORBAN BANJIR TENTANG TAKDIR BENCANA DAN MAUT SESUAI DENGAN QURAN SURAH AN NISA AYAT 78 – 79 : (Studi Kasus di Pondok Pesantren Tahfidzil Qur’an Al Ulumiyah Tadzkirul Amin)

M Bintang Fadhlurrahman (UIN Prof KH Saifuddin Zuhri)
Alfidha Eka Febriani (UIN Prof KH. Saifuddin Zuhri)
Siti Mirzanah Nur Sulistiani (UIN Prof KH. Saifuddin Zuhri)
Waliko (UIN Prof KH. Saifuddin Zuhri)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2021

Abstract

Takdir merupakan sebuah jalan hidup pada setiap makhluk yang Allah berikan nyawa kepadanya. Apapun yang terjadi dimasa kehidupannya sudah menjadi tabir kehidupan yang memang seperti itu jalan yang diberikan oleh Allah sang penulis skenario di alam semesta. Begitupun sebuah bencana dan maut, merupakan bagian dari takdir yang sudah Allah rencanakan jauh sebelum alam semesta diciptakan. Berbagai perspektif dan pandangan dari berbagai macam narasumber yang peneliti kali ini lakukan, guna mengetahui pandangan dan paradigma mereka terhadap takdir bencana dan maut terkhusus bencana banjir yang dikaji juga melalui Al Qur’an Surat An Nisa ayat 78 dan 79. Pada Tujuan penelitian kali ini peneliti mengidentifikasi serta menganalisis perspektif korban banjir tentang takdir bencana dan maut sesuai dengan Q.S. An Nisa ayat 78 dan 79. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dalam karakterisitik studi literatur, wawancara, dan data-data di media massa, seperti beberapa artikel, wawancara beberapa narasumber dan jurnal lainnya. Peneliti mencari rujukan di berbagai macam media massa guna memperjelas informasi dalam penelitian kali ini. Mengingat bahwa jenis penelitian ini merupakan studi literatur dan data-data di media massa, sangat mementingkan informasi dan kejelasan dari media massa dalam pengembangan dan pengidentifikasian kasus tersebut. Berbagai macam bencana di tahun-tahun ini sering kali hadir ditengah-tengah kita, hal inilah yang menjadikan suatu ketertarikan untuk peneliti dapat mengetahui sudut pandang berbagai narasumber dalam menyikapi bencana disekitar mereka. Terkhusus, kepada mereka seorang muslim. Sikap seperti apa dan hal apa yang akan dilakukannya ketika bencana dan maut datang kepadanya serta menilik dari segi takdir bencana dan maut sesuai dengan Q.S. An Nisa ayat 78 dan 79. Sehingga hasil dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa setiap muslim harus mengimani secara kaffah atau menyeluruh tentang takdir yang sudah ada dalam diri mereka masing-masing dan dapat menjadikan suatu musibah dan bencana ibrah, pelajaran, dan hikmah dimasa depan nanti.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

citizen-journal

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Ruang lingkup dan fokus terkait dengan penelitian bidang studi dengan pendekatan Multidisipliner, yang meliputi: Ilmu Ekonomi dan Bisnis, Humaniora, Ilmu Sosial, Komunikasi, Teknik, dan ...