PERWIRA - Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia
Vol 3 No 2 (2020): PERWIRA - Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia

Pengaruh Dimensi Kepemimpinan terhadap Efektivitas Kepemimpinan Perusahaan Manufaktur di Indonesia

Allen Yapsani (Program Magister Manajemen, Sekolah Bisnis dan Ekonomi, Universitas Prasetiya JL. RA. Kartini (TB Simatupang), Cilandak Barat Jakarta Selatan, Jakarta 12430, Indonesia)
Felix Kristianto (Program Magister Manajemen, Sekolah Bisnis dan Ekonomi, Universitas Prasetiya JL. RA. Kartini (TB Simatupang), Cilandak Barat Jakarta Selatan, Jakarta 12430, Indonesia)
Fransisca Dian Handayati (Program Magister Manajemen, Sekolah Bisnis dan Ekonomi, Universitas Prasetiya JL. RA. Kartini (TB Simatupang), Cilandak Barat Jakarta Selatan, Jakarta 12430, Indonesia)
Yana Rosalina (Program Magister Manajemen, Sekolah Bisnis dan Ekonomi, Universitas Prasetiya Mulya JL. RA. Kartini (TB Simatupang), Cilandak Barat Jakarta Selatan, Jakarta 12430, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

Bisnis manufaktur memainkan peran penting dan potensial dalam kontribusi pertumbuhan PDB negara. Di Indonesia, kontribusi bisnis manufaktur dalam PDB naik ke peringkat keempat teratas di dunia. Menurut banyak peneliti, keefektifan kepemimpinan merupakan faktor penting dalam kinerja organisasi, namun penelitian untuk faktor yang memberi dampak besar dalam meningkatkan efektivitas kepemimpinan masih kurang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai tujuh dimensi kepemimpinan (variabel independen) korelasi dengan efektivitas kepemimpinan (variabel dependen). Metode penelitian terapan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan SPSS. Penelitian ini menggunakan pekerja dari bisnis manufaktur di Jabodetabeksebagai sampel kuesioner survei. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa “kemampuan untuk menginspirasi” dimensi kepemimpinan adalah faktor yang paling berpengaruh terhadap efektivitas kepemimpinan dalam bisnis manufaktur di Jabodetabek.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

perwira

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Ranah kajian PERWIRA adalah tema-tema terkini pendidikan dan tata kelola kewirausahaan. Visi penerbitan PERWIRA adalah menjadi acuan akademis tentang pendidikan dan tata kelola kewirausahaan. Misi PERWIRA meliputi: - Memberi sumbangan kajian kewirausahaan dan pengelolaan usaha. - Mengembangkan ...